Selasa, 27 Mei 2014

Kucing-Kucing Terlucu Dan Tercantik Di Dunia

#Ensiklopedia Unik Disekitar Kita:kucing memang jadi primadona hewan-hewan kesayangan yang jadi peliharaan dirumah,seperti pada umumnya kucing-kucing ini,sangat menggemaskan bagi orang yang melihat tingkahnya,tetapi ada banyak jenis kucing lucu dan cantik di dunia ini,berikut kucing-kucing terlucu dan tercantik di dunia yang akan kami sajikan untuk anda.


Anggora Cat


Kucing ANGORA/ANGGORA/ANGOLA(Turkish Angora, Ankara Kedisi)
Kucing Angora (Anggora/Angola) adalah salah satu kucing tertua yang berasal dari kota Angora (sejak tahun 1930 disebut Ankara) di Turki. Kucing Angora sepintas mirip dengan kucing Persia, bila diperhatikan hidungnya akan nampak berbeda. Kalau kucing persia berhidung “pesek” (mungil) sehingga nampak lucu, sedangkan kucing anggora berhidung mancung dan nampak manis. Kucing Angora yang dikenal sekarang disebut juga Angora Turki (Turkish Angora) atau juga disebut kucing Ankara Kedisi. Kucing Angora Turki yang asli sebenarnya hanya berwarna putih dengan mata biru atau kuning.
Seperti halnya kucing Persia, selain menjadi salah satu yang tertua juga salah satu yang paling terkenal di Indonesia, juga di dunia. Ketika diminta untuk menyebutkan jenis kucing, kebanyakan orang akan hampir selalu menyebutkan Anggora (Angora). Melekat keindahan dan daya tarik ditambah sifat kasih sayang dan lembut menyumbang banyak popularitasnya.
Kucing Angora (Turkish Angora) dikenal sebagai kucing yang sangat cerdas, keingin-tahuan terhadap sesuatu cukup besar. Kucing angora ini juga lucu, sangat mudah beradaptasi dan mudah bergaul dengan penghuni rumah. Memiliki kepribadian yang ramah dan hangat, mereka melakukannya dengan baik terhadap anak-anak, sangat menyenangkan. Keinginan mereka bermalas-malasan dan bermain, mereka senang di dalam ruangan (di dalam rumah).
Kucing Anggora bisa akrab dengan kucing lain, binatang lain dan anak-anak. Kucing persia sangat responsif dan menjadi sumber kebahagiaan bagi pemiliknya.
Kucing ras angora nampak elegan dan anggun, mempunyai ukuran badan sedang, dengan tubuh relatif besar, panjang, langsing, dengan kaki dan ekor panjang. Ekornya berbulu tebal dan mengembang seperti ekor musang. Hidung mancung, keseluruhan kepala berbentuk seperti segitiga, dengan telinga lebar dan menunjuk, mata besar berbentuk kacang almond. Warna kucing ini bermacam-macam, ada yang putih, hitam, coklat, tricolour/blangtelon (putih, hitam, kuning kecoklatan), kuning, kemerahan, dsb.
Tahun 1954 kucing Turkish Angora pertama kali resmi diimport ke Amerika Serikat. Pada tahun 1968 yang pertama kali diregistrasi di CFA (Cat Fanciers Association) waktu itu adalah kucing Angora putih. Tahun 1970 mulai diadakan kompetisi kucing tersebut, juga tahun 1972. Dan tahun 1976 pertama kali memperoleh CFA grand champion.


 Scottish Fold Cat


 Scottish Fold, Kucing Dengan Telinga Terlipat
Kucing Scottish Fold berasal dari Skotlandia, penampilannya seperti burung hantu dengan mata yang besar, sehingga sering disebut juga Kucing Coupari. Awalnya kucing ini dinamakan Flops (singkatan dari Floppy ears), nama Scottish Fold baru berkembang tahun 1966 sampai sekarang. Sedangkan kucing tersebut mulai berkembang biak dengan pesat sejak tahun 1970-an.
Ciri utama lucing Scottish Fold Cat adalah bentuk telinganya yang berbeda dengan jenis kucing lainnya. Kucing ini memiliki telinga yang terlipat. Kucing ini adalah hasil mutasi, yang membuat telinganya terlipat dan turun kedepan, membuat wajah kucing ini mirip seperti burung hantu.
Kucing ini termasuk kucing yang tidak rewel, ramah dan tenang. Yang pasti penampilan kucing ini nampak lucu, dengan tubuh yang kekar, kaki cukup pendek, bulunya tebal seperti mantel, dan mata lebar. Telinganya membungkuk ke depan dan ke bawah ke arah depan kepala mereka. Warna bulunya bermacam-macam.
Nenek moyang dari kucing ini adalah seekor kucing bernama Susie, yang lahir di Coupar Angus, Perthshire, Skotlandia, pada tahun 1961. Susie memiliki telinga terlipat, yang diturunkan pada sebagian anak kucing yang dilahirkannya. William Ross, penggemar kucing yang tinggal di wilayah peternakan tersebut kemudian mengembang-biakkan kucing jenis ini, dengan bantuan Pat Turner seorang ahli genetika.
Dari pengembangbiakkan ini rata-rata didapat 55% kucing terlahir dengan telinga terlipat dan sisanya lahir dengan telinga normal. Kucing jenis ini saat terlahir, mempunyai telinga yang normal (lurus), barulah setelah tiga minggu tampak telinganya mulai terlipat. Sehingga pada awal kelahirannya belum dapat langsung diketahui apakah telinganya akan terlipat atau normal. Para penggemar kucing menyukai Scottish Fold, karena sifatnya yang jinak, lekat dengan majikannya, dan suka tidur dalam posisi telentang. Bila tidur telentang, terkadang kucing ini mendengkur seperti manusia.


 Domestic Longhair Cat

 Domestic Longhair (DLH) (Companion Longhair, House Cat Longhair)
Kucing Domestic Longhair (DLH, Domestic Longhaired) atau Domestic Medium-hair (DMH) merupakan jenis kucing berbulu panjang/medium di luar semua ras kucing yang ada. Untuk versi bulu pendek dinamakan kucing Domestic Shorthair (DSH).
Lebih dari 99% kucing di dunia termasuk dalam kelompok kucing ini (kucing Domestic Longhair dan Shorthair), dan kurang dari 1% untuk jenis ras lainnya.
Yang memberi nama “kucing Domestic” adalah CCCA (Co-Ordinating Cat Council of Australia), sedangkan asosiasi/organisasi lainnya memberi nama yang berbeda, antara lain :
• FIFe memberi nama House Cat Longhair
• WCF dan TICA memberi nama Household Pet (Shorthair dan Longhair)
• AACE dan SACC memberi nama Household Pet (Longhair dan Shorthair)
• ACF dan WNCA memberi nama Companion Cat (Longhair dan Shorthair)
Jenis/kelompok kucing Domestic Longhair ini muncul si hampir semua negara di dunia. Hal ini dikarenakan terdapat sangat banyak kucing berbulu panjang atau medium yang awalnya tidak dapat diikutkan dalam kontes kucing, lantaran ketidakjelasan ras/jenis atau asal-usul kucing tersebut.
Kucing ini mayoritas muncul akibat “kecelakaan kawin silang”, yaitu kawin silang yang tidak disengaja dari dua ras kucing. Kemudian kucing-kucing ini kawin dengan kucing lainnya (baik kucing yang memiliki ras tertentu atau pun kucing sejenis), sehingga menghasilkan berbagai kucing yang tidak mempunyai ras tertentu. Itulah yang membuat kenapa jumlah kelompok ini lebih dari 99% kucing di dunia.


British Shorthair Cat

Kucing British Shorthair merupakan salah satu ras kucing tertua yang pernah dikenal manusia. Kucing Ras ini lebih disukai karena sifatnya yang tenang dan setia.
Saat ini semua asosiasi/federasi internasional mengakui kucing ras ini.
Secara umum ukuran badannya medium sampai besar dengan berat berkisar 4 – 8 kg. Badannya kompak, padat, cobby, kuat dan berotot dengan dada, bahu serta pinggul yang lebar. Kepalanya bulat dan lebar dengan pipi penuh, terletak pada leher yang pendek dan tebal. Hidung pendek, lebar dan lurus tanpa lekukan, bentuk dagunya bulat. Ukuran telinga sedang dan lebar pada bagian bawah dengan ujung melengkung. Jarak antara kedua telinga sedang. Mata besar dan bulat, warnanya berhubungan dengan warna bulu yaitu copper, gold, blue, green atau odd eyes.
Kaki Kucing British Shorthair pendek dengan tulang yang kuat serta berotot dan jari-jarinya bulat. Panjang ekor lebih kurang 2/3 panjang tubuh, tebal pada bagian pangkal dan menipis pada ujungnya. Bulunya pendek, padat dan tebal.
Nenek moyang kucing British Shorthair berhubungan dengan bangsa romawi yang dahulu pernah menguasai Inggris. Setelah Romawi menyerang dan menguasai Inggris, pertanian Inggris mulai dikembangkan. Seiring dengan perkembangan pertanian tersebut, muncul kebutuhan untuk melindungi hasil pertanian dari serangan tikus. Para tentara Romawi membawa kucing untuk menjaga hasil-hasil pertanian. Kucing-kucing tersebut disebut kucing pekerja, karena harus bekerja untuk mendapatkan makanan. Saat itu kucing tersebut tidak dipelihara sebagai binatang kesayangan.
Kucing-kucing ini hidup secara bebas di gudang dan pertanian dengan sedikit sekali pengaruh dari manusia. Populasi kucing tersebut mulai berkembang dengan subur. Ketika bangsa romawi pergi, Inggris sebagai negara kepulauan, terisolasi dari bagian dunia lain. Selama beberapa ratus tahun tidak ada lagi impor kucing baru. Kucing-kucing yang telah ada di Inggris berkembang biak dengan bebas, menghasilkan kucing dengan badan yang kokoh dan tebal disertai bulu yang indah.
Akhir tahun 1800-an para penggemar kucing di Inggris mulai memperhatikan kucing tersebut dan mulai menyadari keindahannya. Pada kontes kucing pertama di Crystal Palace, London tahun 1871, kucing-kucing ini mendapat banyak penghargaan. Tahun 1889 British shorthair mendapatkan status sebagai ras kucing tersendiri. Tahun 1907, penggemar kucing Inggris membentuk British Cat Club. Kemudian popularitas british shorthair menurun terkalahkan oleh ras persia dan siam.
Selama perang dunia ke dua, populasi british shorthair berkurang dengan drastis. Untuk menyelamatkan ras tersebut, british shorthair banyak dikawinkan dengan kucing persia. Akibatnya mulai muncul warna-warna lain selain warna “blue” yang merupakan warna asalnya.
CFA mengakui British Shorthair pada tahun 1980. Tahun 1988 GCCF dan semua asosiasi/federasi di Amerika Utara mengakui kucing ras ini. TICA merevisi standar ras ini pada tahun 1993. Belakangan ras ini mulai menjadi populer kembali. Semua warna dibolehkan, tetapi warna blue lebih dikenal. TICA mengizinkan untuk disilangkan dengan Scotish Fold atau Manx.


Exotic Longhair Cat



Kucing Exotic Longhair ini awalnya dikembangkan di negara Amerika Serikat, merupakan kucing hasil kawin silang antara kucing persia dengan kucing Exotic Shorthair atau American Shorthair atau British Shorthair.
Gen longhair merupakan gen lemah/resesif (recessive), oleh karena itu mempertahankan gen tersebut awalnya cukup sulit namun akhirnya sukses menghasilkan kucing Exotic Longhair, yang sepintas memang mirip dengan kucing Persia namun berbeda genetik.
Kucing Exotic Longhair ini mirip dengan kucing Exotic (Exotic Shorthair) namun berbulu panjang (longhair), juga mirip dengan kucing Persia, bertubuh cobby dan bulunya berbagai macam warna.
Sumber: http://faizaramaic.blogspot.com/2014/02/kucing-kucing-terlucu-dan-tercantik-di_28.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar