Selasa, 27 Mei 2014

Lukisan zaman es di gua Altamira, Spanyol


Gua Altamira
Gua Altamira ditutup karena nafas pengunjung yang dianggap merusak lukisan.
Gua terkenal di Spanyol yang berisi lukisan dinding bison, kerbau dan binatang lain, dibuka untuk umum pertama dalam 12 tahun ini.
Lima warga lanjut usia Spanyol yang dipilih melalui undian dapat melihat lukisan binatang-binatang yang dibuat pada zaman es.

Gua itu ditutup pada 2002 untuk melindungi lukisan dari kerusakan mikrobiologi.Kunjungan ini hanya berlangsung setengah jam dan pengunjung hanya dapat menikmati lukisan selama delapan menit.

Tempat ini disebut Kapel Sistine di Gua Seni, kata wartawan BBC di Spanyol, Tom Burridge.
Lukisan yang berusia 22.000 tahun itu ditemukan tahun 1876 oleh arkeolog setempat dan putrinya.
Lebih dari 20 tahun sejak itu, lukisan itu disebut palsu.
Lukisan-lukisan dinding itu rusak akibat nafas pengunjung dan ditutup untuk umum 12 tahun lalu.
Dalam 12 tahun terakhir, para pengunjung hanya dapat melihat replika lukisan di museum yang terletak tak jauh dari gua.
Sumber:http://www.bbc.co.uk/indonesia/majalah/2014/02/140227_seni_guaspanyol.shtml

Tidak ada komentar:

Posting Komentar