Selasa, 27 Mei 2014

Lumba-lumba miliki ingatan panjang

dolphins
Penelitian sebelumnya mengungkapkan cara hewan ini saling menanggapi panggilan dengan menyebut "nama."
Lupakan gajah, baru-baru ini para peneliti menemukan ternyata lumba-lumba ternyata memiliki ingatan yang paling lama diantara yang bukan spesies manusia.

Para peneliti Amerika Serikat mengatakan bahkan setelah berpisah selama 20 tahun, lumba-lumba dapat mengenali siulan sahabat lamanya di dalam air.

Dalam penelitian itu, para ilmuwan meneliti hubungan antara 56 tawanan lumba-lumba yang telah dipindahkan untuk tujuan pembibitan pada enam kebun binatang yang berbeda di AS dan Bermuda.Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B.
Para peneliti kemudian memutar rekaman siulan hewan yang pernah tinggal bersama dari pengeras suara di dalam air untuk mengukur respon para lumba-lumba ini.
Dalam rekaman penelitian itu, terlihat lumba-lumba bisa mengenali siapa diantara mereka yang pernah tinggal bersama meski telah puluhan tahun lamanya.
"Ketika mendengar siulan yang akrab, lumba-lumba lebih cenderung mendekati pengeras suara untuk waktu cukup lama," kata Dr Jason Bruck dari University of Chicago yang melakukan studi tersebut.
"Mereka akan mempertahankan kontak dengan pengeras suara dan jika tidak mengenali siulan itu mereka cenderung mengabaikan apa yang saya putar."
Lumba-lumba ternyata dapat merespon panggilan hewan-hewan yang mereka kenal sebelumnya meskipun telah berpisah puluhan tahun.

Keluarga inti

Para peneliti yakin bahwa sistem sosial lumba-lumba yang kompleks mendukung ingatan jangka panjang ini.
Di laut, lumba-lumba memiliki tatanan sosial cairan yang oleh ilmuwan dikenal dengan istilah model "fission-fusion."
Mereka mungkin meninggalkan satu kelompok dan bergabung dengan kelompok lain lain selama berkali-kali dalam hidup mereka.
dolphins"Jadi amat penting bagi mereka untuk mengenali panggilan para lumba-lumba yang mereka pernah kenal sebelumnya, untuk memutuskan apakah mereka mau mendekat atau menjauh," kata Dr Bruck.
Menurut para peneliti, kemampuan lumba-lumba untuk mengingat peristiwa-peristiwa lampau menunjukkan bahwa binatang ini memiliki tingkat kecanggihan kognitif sebanding dengan manusia, simpanse, dan gajah.
Gajah juga terkenal memiliki ingatan yang sangat panjang hingga 20 tahun, tetapi hanya ada sedikit bukti ilmiah tentang kemampuan mengingat mereka di luar hubungan keluarga.
Sementara dalam makalah penelitian ini, lumba-lumba mampu mengingat anggota keluarga mereka serta orang/hewan asing.

Dalam beberapa pekan terakhir, studi lain menunjukkan Kliklumba-lumba memiliki siulan khusus yang berfungsi sama dengan nama pada manusia.
Sumber:http://www.bbc.co.uk/indonesia/majalah/2013/08/130807_majalahlain_ingatan_lumbalumba.shtml

Tidak ada komentar:

Posting Komentar