Senin, 09 Juni 2014

5 Fakta Unik Bunga Anggrek



Anggrek merupakan salah satu tanaman dengan genus tertua, memiliki spesies yang beragam dan tersebar luas. Mereka tumbuh secara alami hampir diseluruh belahan dunia dan menjadi salah satu “primadona” di dunia tanaman hias.

Sebuah pertunjukan yang di tampilkan di Smithsonian’s National Museum of Natural History banyak menampilkan spesies angrek yang popoler berasal dari amerika latin yang mengungkapkan fakta yang menarik tentang anggerk. Berikut 5 fakta anggrek yang menarik yang kami kutip dari Discovery:


1. Setiap hari para ilmuan menemukannya spesies angrek dan Lebih dari 25000 sepesies angrek didokumentasikan.

Para ilmuwan menduga bahwa ada lebih banyak spesies di daerah tropical di dunia, hal ini dikarenakan adanya persilangan bunga yang terjadi antar spsies yang menghasilkan spesies baru. Inilah nantinya dapat menghasilkan spesies popular yang kita kenal saat ini.

2. Bunga angrek memiliki bentuk yang simetri mirip dengan wajah manusia

Anggrek memiliki bunga simetri bilateral seperti wajah manusia , Jadi jika ditarik garis vertikal di tengah bunga menjadi dua bagian maka bayangan cermin satu akan terlihat sama dengan yang lain.

3. Angrek merupakan tanaman yang ahli dalam berkamuflase.


Anggrek dapat menipu serangga untuk membantu penyerbukan mereka. Bagian bunga anggrek yang berbentuk dan berwarna mirip serangga diharapkan mampu menarik perhatian serangga. Ketika serangga tersebut tertarik, anggrek lalu melepaskan serbuk sari dan menempel pada serangga tersebut sampai akhirnya terbang untuk menemukan anggrek lain.

4. Para ilmuan menemukan fosil serbuk sari dari angrek dibagian belakang dari lebah

Seperti yang dijelaskan dalam jurnal nature tahun 2007, serbuk sari dari angrek kuno telah ditemukan dibagian belakang lebah yang terbungkus didamar. Fosil tersebut berasal dari sekitar 10 juta atau 15 juta tahun yang lalu, tapi ilmuan menduga bahwa keluarga anggrek tertua sudah ada sekitar 120 juta tahun yang lalu sebeum benua ini terbagi seperti sekarang ini.

5. Tanamn vanila adalah salah satu dari spesies dari angrek

Inilah tanaman angrek yang paling popular yang tersebar luas hampir diseluruh amerika latin. Vanilla dimasukkan dalam keluarga anggrek dikarenakan karena memiliki daun yang datar mirip dengan keluarga angrek lainnya.
Sumber:http://forum.pertanianku.com/forum/pertanian/tanaman-hias/anggrek/375-5-fakta-unik-bunga-anggrek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar